Posted by Berbagi Ilmu on Selasa, 10 Februari 2015
Contoh Proposal Usaha - Anda butuh proposal usaha untuk mengajukan kebutuhan usaha anda pada pihak yang dituju. Kebutuhan usaha yang diajukan beragam namun umumnya ada pada cangkupan :
- Proposal Pinjaman Modal.
- Proposal Kerja Sama.
- Proposal Investasi.
Dalam membuat proposal, kaidah / sistematikanya berupa :
- informasi wirausaha.
- Latar belakang wirausaha.
- Profil pengelola wirausaha.
- Manajemen wirausaha.
- Profil wirausaha.
- Lampiran tabel kas wirausaha.
- Struktur pengelolaan wirausaha.
Pada entri ini, saya akan memberikan
cara membuat proposal usaha beserta contoh Proposal Usaha. Anda
diperbolehkan mengunduh, menyalin, dan mengubah berkas ini dengan
lisensi atribusi.
Download Contoh Proposal Usaha
Setelah memahami struktur dan dasar dari pembuatan proposal, berikut saya berikan contoh proposal usaha untuk kebutuhan anda.
Contoh Proposal Wirausaha
PROPOSAL USAHA
BAJU DISTRO ONLINE
BAJUPRO
RINGKASAN PROYEK
A. Manajemen
Nama Perusahaan |
: Baju Pro |
Nama Pemilik Perusahaan |
: Mahardika |
Bidang Usaha |
: Pakaian |
Jumlah Tenaga Kerja |
: 3 Orang |
B. Pemasaran
Produk yang dipasarkan |
: Baju Pria dan Baju Wanita |
Sasaran Konsumen |
: Pemuda – Pemudi |
Wilayah Pemasaran |
: Digital, Internet, Indonesia. |
Rencana Tahun Penjualan |
: 2014 |
Penetapan Harga Jual |
: Rp. 145.000 |
C. Penetapan Harga Proyek
Total Biaya Proyek |
: Rp. 32.510.000 |
Pinjaman yang Diajukan |
: Rp. 20.000.000 |
Jangka Waktu Pengembalian |
: 1 Tahun |
Penjualan Pertahun |
: Rp. 139.200.000 |
Keuntungan Pertahun |
: Rp. 91.440.000 |
DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENGELOLA
Nama |
: Mahardika |
Tempat Tanggal Lahir |
: Jakarta, 17 Maret 1993 |
Alamat Rumah |
: Jl. Raya Gunung Kapur, Ciseeng RT 01/RW 04. Kelurahan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 16330. |
Alamat usaha |
: Jl. Haji Sa’arih, No 17 Perumahan Sasmita Loka RT 02 / RW 04.
Kelurahan Pamulang barat, Kabupaten Tangerang Selatan. Banten. 15422. |
Pendidikan Terakhir |
: Strata 1 (satu) Universitas Pamulang. |
Keterampilan |
: Internet Marketing dan Pemograman Web. |
BAB I
PENDAHULUAN
A. Judul Kegiatan
Usaha daring penjualan aneka baju pria dan wanita, sablon dan jahitan. Baju unik, produksi terbatas.
B. Status Usaha
Usaha yang dijalankan merupakan salah satu dari industri kreatif busana.
C. Bentuk Kegiatan
Usaha yang kami dirikan adalah jenis produksi busana dalam skala
menengah, menargetkan pemuda-pemudi dalam kebutuhan pakaiannya. Aneka
baju yang ditawarkan adalah sablon manual, sablon digital.
Pertimbangannya sebagai berikut:
- Kebutuhan pakaian tetap berlangsung seiring dengan jumlah penduduk
masyarakat, dengan bantuan teknologi digital berbelanja menjadi
kemudahan untuk konsumen.
- Produk yang ditawarkan beragam, kini sablon digital menjadi tren
karena kualitas yang baik dan menyerap / menyatu pada bahan kaos.
- Menjadi unik, dan terbatas bagian dari aturan usaha kami untuk tetap berkembang dan menjadi kepuasan khusus untuk pembeli.
- Harga yang ditawarkan relatif kompetitif.
D. Tujuan Kegiatan
Untuk mengembangkan kemampuan berbisnis di era digital, meningkatkan
profit, dan menjadi bagian pemicu ekonomi Indonesia dibidang ekonomi
kreatif.
BAB II
METODE PELAKSANAAN
A. Produk
Produk yang ditawarkan menjadi kebutuhan dasar, yaitu berupa baju.
Desain yang dibuat menjadi unik, menarik dan eksklusif. Setiap produk
akan memiliki batas produksi kali 10.
Arah Desain:
Sebagai tumpuan, desain diambil dari kreatifitas berdasarkan tuntutan dan tren pada media sosial.
B. Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan adalah sebagai berikut:
- Cotton Combad 43s
- Fanel
- Benang Jahit
- Tinta Direct To Garment
- Dan kebutuhan produksi garmen lainnya.
C. Proses Produksi
Bahan kaos dijahit hingga membentuk kaos, lalu dicetak menggunakan
alat cetak sablon manual atau alat cetak sablon digital. Selanjutnya,
kaos yang telah dicetak akan dikeringkan menggunakan alat
press lalu dikemas dengan kantong plastik dan dipercantik dengan kemasan tas genggam.
D. Pemasaran
Segmen pemasaran digital sangat potensial, kami membangun situs
sebagai tempat konversi penjualan. Dengan teknik optimasi mesin
pencarian yang memumpuni, dan dorongan dari media sosial kami yakin akan
mengembangkan usaha ini dengan baik. Berikut rinciannya analisanya:
- Kata “Baju Online” dicari sebanyak 14400 rata-rata pencarian perbulan.
- Kata “Beli Baju Sablon Digital” dicari sebanyak 8205 rata-rata pencarian perbulan.
- Minat media sosial terhadap pakaian sebanyak 24 Juta pengguna.
- Penjualan rata-rata pada masing-masing halaman landas situs sebesar 240 Penjualan perbulannya.
E. Analisa SWOT
Strength
- Produksi sablon digital sangat diminati berbagai kalangan, karena kualitas dan perawatannya yang mudah.
- Setiap produksi, persatu desain hanya dapat diproduksi kali 10. Agar
mempertahankan kualitas unik, eksklusif untuk pengalaman konsumen.
- Proses pembelian yang mudah melalui digital. Pengiriman menggunakan jasa ekspedisi.
- Orientasi usaha kami berada pada mutu dan pengalaman konsumen.
Weakness
- Banyak pesaing.
- Minat pembelian bisa menurun bila ada usaha yang sama melakukan penipuan.
- Pengiriman bisa saja rusak oleh pihak ketiga dalam hal ini jasa ekspedisi.
Opportunities
- Target pasar sangat menyakinkan.
- Kemudahan beriklan di berbagai penyedia layanan.
- Keuntungan yang didapat cukup besar, bekisar 45% setiap penjualan.
Threat
- Pesaing bisa saja berintimidasi.
- Pesaing yang memproduksi semakin banyak.
BAB III
TARGET PENJUALAN
A. Target Produk
Produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan pembeli, namun desain baju akan dikeluarkan perminggu sebanyak 80 desain.
B. Target Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah pengguna media sosial, pria dan
wanita. Berkisar umur dari 15 tahun hingga 35 tahun se-Indonesia. Dengan
rata-rata 4 penjualan perharinya.
C. Target Pendapatan
Target pendapatan yang diinginkan per satuan produk sebesar Rp. 95.000.
BAB IV
RENCANA BIAYA
A. Bahan Baku
NO |
Uraian |
Vol |
Satuan |
Harga |
Jumlah |
1 |
Cotton Combad |
40 |
Kg |
Rp. 8.000 |
Rp. 240.000 |
2 |
Tinta |
6 |
Botol |
|
Rp. 400.000 |
3 |
Plastik |
10 |
Pak |
Rp. 5.000 |
Rp. 50.000 |
4 |
Kantong Kertas |
10 |
Pak |
Rp. 12.000 |
Rp. 120.000 |
5 |
Listrik |
800 |
Watt |
|
Rp. 450.000 |
|
Total |
Rp. 1.210.000 |
B. Kebutuhan Pemasaran
NO |
Uraian |
Periode |
Harga |
1 |
Pembuatan Situs |
Tahun |
Rp. 12.000.000/12 = Rp. 1.000.000 |
2 |
Iklan |
Bulan |
Rp. 1.000.000 |
3 |
Transportasi |
Bulan |
Rp. 600.000 |
|
Total |
Rp. 13.600.000 |
C. Kebutuhan Alat
NO |
Uraian |
Satuan |
Harga |
1 |
Printer DTG |
1 Unit |
Rp. 6.500.000 |
2 |
Mesin Press |
1 Unit |
Rp. 7.200.000 |
|
Total |
Rp. 13.700.000 |
D. Harga Jual
NO |
Uraian |
Kapasitas |
|
1 |
Aset |
- |
Rp. 13.700.000 |
2 |
Produksi Barang / Bulan |
80 |
Rp. 1.210.000 |
3 |
Kebutuhan Pemasaran / Bulan |
- |
Rp. 2.600.000 |
|
|
Total Biaya/Bulan |
Rp. 3.810.000 |
|
|
Total Biaya/Unit |
Rp. 47.625 |
|
|
Margin Jual |
45% |
|
|
Harga Jual/Unit |
Rp. 141.556 |
|
|
Pembulatan |
Rp. 145.000 |
BAB V
ORGANISASI PELAKSANA
A. Personal
NO |
Nama |
Pendidikan |
Tugas |
1 |
Mahardika |
Strata 1 |
Pengelola & Pemasaran |
2 |
Yuli Siti Rodiyah |
Strata 1 |
Keuangan |
3 |
Mawardi |
Strata 1 |
Produksi |
B. Struktur Organisasi
BAB VI
PENUTUP
Demikian proposal usaha pakaian baju ini saya buat, adapun tujuan
proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detil tentang produk saya
dan mengundang investor untuk bekerja sama membangun usaha pakaian baju
ini.
Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari perkenalan produk, rincian
biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisa SWOT produk hingga ke
struktur organisasi pengelola.
Semoga apa yang termuat dalam proposal ini dapat dimengerti dengan
mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung dalam usaha ini.
Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Mahardika
Pengelola