Posted by Berbagi Ilmu on Senin, 01 Desember 2014
Apa motor skuter matic atau skutik yang paling irit? Suzuki, Yamaha
atau Honda yang paling irit ? Kategori motor metik paling irit bisa
mencapai jarak tempuh puluhan km, minimal 50 km per liter BBM bahkan
bisa 1 liter BBM per 60 km. Berdasarkan uji kompetensi motor metik
injeksi yang beredar di Indonesia ; Honda Beat, Mio J dan Suzuki Nex
diperoleh hasil yang dapat menjadi referensi bagi peminat motor matik
untuk segera memiliki matik paling irit.
Berdasarkan pengujian detikOto yang menjajal keiritan motor skutik
injeksi yang dipasarkan di Indonesia. Ada 3 motor yang diuji oleh
detikOto, di antaranya Honda BeAT, Suzuki Nex dan Yamaha Mio J.
Pengujian adu irit itu menggunakan metode 1 liter tembus atau sampai
berapa km. Pertamanya, ketiga motor yang tangki bensinnya masih penuh
dikosongkan terlebih dulu sampai motor benar-benar tidak menyala.
Setelah itu, masing-masing sepeda motor diisikan bahan bakar minyak
(BBM) jenis Pertamax dengan RON 92 masing-masing 1 liter. Sebelum
menguji, para pengendara terlebih dulu dilakukan penimbangan berat
badan. Peralatan keamanan pun dikenakan seperti helm, jaket dan sarung
tangan.
Brumm, suara mesin pun mulai dinyalakan secara berbarengan dan bendera
pun mulai diangkat. Ketiga motor berjalan dari markas detik.com yang
berada di bilangan Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan secara
beriringan dengan kecepatan minimal 40 km/jam dan maksimal di 50 km/jam.
Dari kantor detikcom, perjalanan berlangsung hingga ke kawasan Kuningan
dan berbelok tepat di Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuju jalan Jendral
Sudirman lanjut lagi ke Gatot Subroto, MT Haryono lalu putar balik di
daerah Cawang dilanjutkan ke kawasan Ragunan, Kemang, Fatmawati, Pondok
Indah, Arteri Pondok Indah, Kemang dan berakhir di detikcom
Kondisi di jalanan cukup beragam, macet dibeberapa titik pun banyak
ditemukan oleh ketiga riders. Tapi sebelum sampai ke kantor detikcom,
diantara ketiga motor itu sudah ada yang tumbang. Selama di perjalanan,
semua riders dilarang curang seperti mengisi bahan bakar di tempat lain,
hingga mematikan mesinnya saat lampu merah. Cara berkendara pun
dilakukan dengan sewajarnya, hanya saja kecepatannya dilakukan konstan
dengan kecepatan minimal 40 km/jam hingga maksimal 50 km/jam.
Hasilnya, melirik ke odometer, BeAT menjangkau 1075,1 km, sedangkan dari
posisi awalnya 1017,6. Itu artinya untuk Honda BeAT bisa berjalan
sejauh 57,5 km dengan bahan bakar 1 liter bensin. Sebelum benar-benar
mati total, Honda BeAT ini ternyata bisa menyimpan cadangan bensin yang
terletak di filter tangki bahan bakar. Sepertinya ini yang menyebabkan
BeAT masih bisa berlari lebih jauh lagi.
Jadi, ketika motor sudah tersendat-sendat dan mati pertama kali saat
distarter lagi masih bisa menyala dan dijalankan lagi. Hal itu terjadi
hingga 3 kali mati, untuk keempat kalinya motor itu benar-benar tidak
bisa dinyalakan lagi dan dinyatakan bahan bakarnya habis.
Namun tak bisa disangkal, BeAT yang mampu menempuh 57,5 km per liter
BBM, harus mengakui keunggulan konsumsi BBM Suzuki Nex yang menembus
60,3 km untuk 1 liter bensinnya. sedangkan Yamaha Mio J menempuh 51 km
untuk 1 liter BBM, beda 6-9 km dibanding 2 pesaingnya.
Hmm.. dari segi model atau tampilan Yamaha dan Honda masih lebih unggul
desainnya dibandingkan Suzuki, sehingga calon pembeli terkadang lebih
tertarik kepada model daripada keiritan kendaraan yang ditawarkan. ayo
suzuki untuk lebih inovatif dalam mendisain skutiknya. agar lebih
dilirik konsumen di Indonesia.