Posted by Berbagi Ilmu on Senin, 01 Desember 2014
Mengetahui
ciri-ciri alternator mobil rusak atau tanda-tanda alternator mobil rusak atau mulai rusak.
Kita tahu alternator mobil adalah generator pembangkit listrik di
mobil, alternator akan terus bekerja menghasilkan suplai listrik selama
mesin berputar atau selama mesin hidup, sedangkan aki lebih berperan
saat starter mobil dan ketika secara tiba-tiba Alternator rusak, maka
aki akan mengambil alih sebagai sumber listrik mobil, hal ini karena
tegangan alternator lebih tinggi dari pada tegangan yang ada di aki.
Berikut adalah tanda-tanda Alternator mobil rusak:
1. Lampu indikator aki menyala saat mesin hidup, menandakan generator listrik atau alternator tidak membangkitkan listrik.
2. Alternator bunyi, bunyi bisa jadi disebabkan oleh bearing
alternator rusak sehingga suara keras terdengar dari alternator dan
kedua bunyi bisa disebabkan oleh dioda rectifier alternator putus, ini
sudah saya tulis silakan lihat
Alternator bunyi.
3. Meskipun sudah ganti aki baru tetapi aki selalu tekor dan sering
tidak kuat untuk starter, hal ini biasanya terjadi karena tegangan out
put atau tegangan keluaran alternator kurang atau tegangan pengisian
alternator ngedrop.
Out put atau tegangan keluaran
alternator untuk aki
12volt harus berada diantara 13,6 hingga 14,0 volt, jika berada dibawah
13,6 volt akan membuat aki selalu tekor dan tidak kuat starter meskipun
lampu indikator aki tidak menyala, terutama untuk kendaraan full
accesories, mobil yang menggunakan elektrik fan radiator, mobil dengan
air conditioner atau mobil yang memiliki banyak beban kelistrikan.
Salah satu penyebab tegangan alternator ngedrop adalah terdapat salah
satu dioda rectifier putus pada alternator dengan IC regulator,
sehingga kuat arus yang dihasilkan oleh alternator tidak maksimal, atau
karena faktor setelan ket out eksternal voltage regulator pada mobil
lama yang masih memakai cut out.
Untuk menggambarkan masalah Alternator ngedrop ini, kita ambil contoh pada hardtop, setelah
pasang ac mobil pada hartop, muncul
masalah baru setelah pasang ac mobil yaitu mesin cenderung overheat dan air radiator mendidih, terutama
saat hidupkan ac dalam kondisi mobil diam, yang disebabkan pendinginan mesin kurang karena masih menggunakan visco fan radiator, karena
tidak memungkinkan untuk pasang extra fan untuk mendinginkan kondensor ac, akhirnya memodifikasi kipas radiator menggunakan fan elektrik punya suzuki karimun, masalah overheat mesin pun sudah teratasi.
Kemudian timbul masalah baru, aki mobil selalu ngedrop dan tidak bisa
distarter, setiap kali setelah hidupkan ac mobil. Dan penyebabnya
adalah Alternator yang masih menggunakan ket out tidak sanggup mensuplai
kebutuhan listrik mobil yang bertambah, yaitu tambahan ac mobil dan
elektrik fan radiator punya karimun, belum lagi saat hidupkan headlamp
pada malam hari, dan pada akhirnya penyetelan ket out pun sudah tidak
ada gunanya.
Jalan satu-satunya adalah harus mengganti Alternator yang menggunakan
IC regulator dengan kapasitas arus listrik yang lebih besar dan
tegangan out put yang stabil pada putaran idle yang rendah.
4. Yang keempat
ciri-ciri Alternator mobil rusak adalah Terjadi
Overcharge(Overcas),
sebaliknya jika out put alternator berada diatas 15 volt akan terjadi
overcharge dan akan merusak aki karena aki akan panas dan air aki
mendidih, ciri-ciri Alternator Overcharge selain air aki pada semua sel
mendidih adalah headlamp akan menyala terlalu terang dan tampak
kedip-kedip saat rpm mesin dinaikan. Untuk Alternator rusak overcharge
silkan lihat
Perbaiki Alternator Overcharge atau Alternator Overcas.